KKN PAR Mahasantri 2013

Hari minggu tanggal 03 Februari 2013 lalu Ma’had Aly Hasyim Asy’ari menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) PAR di wilayah Kabupaten Gresik. Dan wlayah yang dipilih menjadi lokasi KKN PAR Mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari adalah Dusun Ngampon Desa Wates Tanjung Kecamatan Wringin Anom Kabupaten Gresik.   Sebanyak 17 mahasantri diterjunkan dalam kegiatan KKN PAR ini yang terdiri dari 5 orang mahasantri dan 12 orang mahasantri. Mahasantri yang mengikuti program KKN PAR ini berasal dari program S-1 Ma’had Aly. Berdasarkan data dari ketua LP2M menyebutkan bahwa 17 mahasantri tersebut ditempatkan di satu lokasi yaitu di Pesantren Roudlotul Hikmah. Meskipun berada di pesantren, tetapi fokus KKN PAR ini adalah seluruh lapisan masyarakat  Dusun Ngampon Desa Wates Tanjung Kecamatan Wringin Anom semua. Guna mengawal kegiatan KKN PAR mahasantri tersebut, Panitia KKN Ma’had Aly Hasyim Asy’ari melibatkan 2 orang dosen pembimbing lapangan yaitu, Drs. H. Agus Afandi, M.Fhil.I. dan H. Ahmad Syakur, Lc. M.Ei. yang  juga sebagai ketua LP2M Ma’had Aly.

Upacara penyerahan dan pembukaan KKN PAR diadakan di Masjid Pesantren Raudlotul Hikmah Dusun Ngampon Desa Wates Tanjung Kecamatan Wringin Anom  ini dipimpin langsung oleh Mudir Ma’had Aly, Nur Hannan, Lc. M.HI. yang didampingi oleh Wakil Mudir, KH. M. Muthohharun Afif, Lc. M.HI. dan KH. Ahmad Syakir Ridwan, Lc. M.HI. Acara tersebut juga dihadiri oleh pengasuh Pesantren Raudlatul Hikmah, KH. Bashori Tajib dan para dewan guru serta masyarakat. Sehubungan dengan banyaknya agenda di desa tersebut maka Kepala Desa Wates tanjung beserta staf berhalangan hadir. Seusai upacara penyerahan mahasantri kemudian menuju tempat masing-masing yang sudah ditentukan untuk mengukuti kegiatan penerimaan dan perkenalan dengan santriwan, santriwati dan warga lainnya. KKN ini berlangsung selama 45 hari mulai tanggal 03 Februari hingga 18 Maret 2013.

Sebelum kegiatan penyerahan di Pesantren Raudlotul Hikmah, Ma’had Aly Hasyim Asy’ari menyelenggarakan upacara pelepasan mahasantri KKN di pelataran Kampus Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Pesantren Tebuireng. Selanjutnya mahasiswa diberangkatkan dengan kendaraan yang telah disiapkan oleh Ma’had Aly menuju lokasi KKN masing-masing untuk upacara penyerahan.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan yang secara istiqomah masih tetap diselenggarakan oleh Ma’had Aly Hasyim Asy’ari hingga saat ini. Penyelenggaraan kegiatan ini bertolak pada landasan pemikiran bahwa Ma’had Aly Hasyim Asy’ari merupakan bagian integral dari masyarakat. Ma’had Aly Hasyim Asy’ari menginginkan eksistensinya tetap menjadi milik masyarakat. Seiring perkembangan dinamika masyarakat pelaksanaan KKN disesuaikan dengan kebutuhan yang berkembang dalam peri kehidupan masyarakat. Mulai tahun 2010 yang lalu KKN Ma’had Aly Hasyim Asy’ari diselenggarakan dengan metode Participant Action Reseach (PAR). Melalui metode ini diharapkan mahasiswa dapat menggali keinginan dan kebutuhan masyarakat dari kacamata masyarakat sendiri.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Ma’had Aly Hasyim Asy’ari tampaknya tidak man-main dengan format ini. Sebelum diterjunkan ke lokasi KKN mahasiswa harus mengikuti kegiatan Pembekalan yang disampaikan langsung oleh Drs. H. Agus Afandi, M.Fil.I. Pembekalan berlangsung 2 kali yakni tanggal 26 Januari dan 2 Februari 2013. Materi Pembekalan KKN diantaranya disampaikan oleh Mudir Ma’had Aly, Nur Hannan, Lc. M.HI. tentang Kebijakan Ma’had Aly dan Pesantren terkait KKN PAR,  Drs. H. Agus Afandi, M.Fil.I tentang penyelenggaraan KKN PAR dan H. Ahmad Syakur, Lc. M.Ei. tentang tata tertib dan kedisiplinan mahasantri di lokasi KKN. KKN ini akan berakhir 18 Maret 2013.

(Mifta/MA)

Perihal mahadalytebuireng
Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTIS) di Ponpes. Tebuireng Jombang

Mari Menuju Sukses Bersama Pesantren Tebuireng

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s