Sekilas Info

  1. Rabu, tanggal 6 September 2006 atau bertepatan dengan 12 Sya’ban 1427 H, Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari diresmikan Oleh KH. M. Yusuf Hasyim dan KH. Ir. Salahuddin Wahid. Dalam kesempatan yang berbahagia tersebut hadir juga Wakil Ketua Yayasan Hasyim Asy’ari Drs. H. Irvan Yusuf, M.Si.,  Direktur Madrasatul Qur’an Tebuireng KH. Musta’in Syafi’i, M.Ag., Kepala Sekolah SMA Aweha, Kepala sekolah MASS Aliyah Tebuireng, Kepala Sekolah Mts Aweha Tebuireng, dan  Kepala sekolah SMP Aweha Tebuireng.
  2. Senin, tanggal 18 Desember 2006, ruang kantor Administrasi dipindah dari gedung lama ke gedung baru (Gedung Majelis Ulama), dahulu digunakan sebagai asrama siswa MTs Aweha Tebuireng. Ruang baru tersebut cukup luas dan representatif untuk perkuliahan. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan perkuliahan dan kelancaran administrasi dapat berjalan dengan lancar. Ruang rektorat Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari sekarang berada dilantai I gedung MAU, dan ruang perkuliahan berada di lantai II.
  3. Rabu, tanggal 31 Januari 2007, diciptakannya lambang Ma’had ‘ALy Hasyim Asy’ari PP. Tebuireng oleh M. Miftahul Huda, M.PdI. Lambang Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari tersebut diilhami oleh lambang Ponpes. Tebuireng yang diciptakan oleh alm KH. Ashiem Ilyas yang pernah seangkatan dengan almagfurlah KH. M. Yusuf Hasyim. Adapun KH. Ashiem Ilyas adalah salah satu pengasuh PP. An Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura. (Kisah lengkap beliau bisa dibaca di sini).
  4. Ahad, tanggal 11 Maret 2007, Ma’had ‘Aly menghadiri undangan Diklat Perpustakaan Digital di Ma’had ‘Aly Al-Hikam Malang yang diasuh oleh Dr. KH. Hasyim Muzadi, MA. Tujuan diselenggarakan diklat tersebut adalah untuk mengoptimalkan penggunaan perpustakaan sebagai sentra ilmu, karena di dalamnya banyak terdapat kitab-kitab yang bisa digunakan sebagai maraji’ ketika kita membutuhkannya. Selain itu diklat itu juga membahas penggunaan internet sebagai media Perpustakaan On – Line.
  5. Rabu, tanggal 11 April 2007, Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari melengkapi inventarisnya dengan menambah koleksi kamus dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Kitab inventaris perpustakaan Ma’had ‘Aly hasyim Asy’ari Tebuireng sebagian berasal dari pembelian, sebagian berasal dari hibah beberapa dosen dan sebagian lagi berasal dari bantuan pemerintah dalam hal ini departemen Agama RI. Setiap tahun kami berusaha menambah koleksi yang ada agar dapat membantu kelancaran perkuliahan yang ada di PP. Tebuireng.
  6. Ahad, tanggal 22 April 2007, Seminar Ilmiyah berkenaan dengan pembukaan perkuliahan mahasiswa baru Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari oleh Prof. Dr. H. Ahmad Zahro, MA. Dalam undangan seminar tersebut hadir juga beberapa pimpinan dari IKAHA (Institut Keislaman Hasyim Asy’ari) dan tamu undangan dari beberapa lembaga pesantren di Jombang. Prof. Dr. H. Ahmad Zahro’, MA. memberikan pemahaman tentang urgensi Fiqh dan Ushul Fiqh di masa modern seperti sekarang ini.
  7. Ahad, tanggal 29 April 2007, Ma’had ‘Aly memasang Parabola sebagai media wawasan atau wahana mahasiswa tentang Bahasa Arab dan pengetahuan umum lainnya.
  8. Senin, tanggal 27 Agustus 2007, Pembukaan Perkuliahan Tahun Ajaran Baru oleh KH. Amin Haidari, MA. yang dihadiri oleh Kanwil Departemen Agama Propinsi Jawa Timur Drs. H. Sudjak, M.Ag.
  9. Bertepatan dengan pembukaan perkuliahan, Sabtu, 13 April 2008 Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari mengadakan Seminar Umum yang dihadiri oleh Dr. H. Rohadi A. Fattah, M.Ag. yang mana beliau adalah Kabag Beasiswa Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren Depag Agama RI. Acara tersebut dihadiri oleh undangan-undangan dari sekolah sekitar PP. Tebuireng.
  10. Sabtu, 28 maret 2009 diadakan Stadium General yang diisi oleh  Dr. Bakri Muhammad Bakheet Ahmad dari Universitas Ilmu al-Qur’an Sudan. yang sekarang merupakan dosen di UIN Malang. Tema dari Stadium General tersebut adalah ” Urgensi Ijtihad Dalam Menyelesaikan Problematika Fihq Kontemporer “.
  11. Ma’had ‘Aly Hasyim Asya’ri menghadi undangan Seminar Nasional Rekonstruksi Tradisi Keilmuan Pesantren Dalam Pengembangan Ma’had ‘Aly pada tanggal 28 s/d 30 Mei 2009 bertempat di Jogjakarta.
  12. Ma’had ‘Aly hasyim Asy’ari membuka pendaftaran mahasiswa baru 2009/2010.
  13. Senin, 3 Januari 2011 Ma’had ALy menerima bantuan dosen dari Universitas Al-Azhar Mesir yaitu Syaikh Muhammad Hidr Ibrahim.
  14. Selasa, 1 Maret 2011 Ma’had ALy Hasyim Asy’ari membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan 2011 / 2012.

 

 

Mifta/MA

%d blogger menyukai ini: