Fasilitas

1.  Fasilitas  yang  Mendukung Pendidikan, Pembimbingan dan Penelitian

Untuk kelancaran proses belajar-mengajar, Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Pesantren Tebuireng telah melengkapi fasilitas pendidikan yang cukup memadai, yaitu: (a) Ruang Kuliah, (b) Perpustakaan, (c) Ruang Seminar (d) Hot Spot Area dan (e) Media Pendidikan.

Masing masing sarana pendukung proses pendidikan tersebut  akan dijelaskan secara detail di bawah ini :

a.  Ruang Kuliah

Gedung Ma’had Aly Hasyim Asy’ari yang digunakan untuk ruang perkuliahan sangat layak dan memenuhi standart yang ditentukan.  Masing-masing ruang perkuliahan tersebut dilengkapi meja dosen, kursi mahasiswa, serta  white board. Dan disediakan LCD bagi yang memerlukan. Dengan demikian, dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan maksimal untuk menunjang proses belajar mengajar di kelas.

b.  Perpustakaan

Sebagai komponen utama atau jantungnya perguruan tinggi di pesantren adalah tersediannya perpustakaan yang cukup representatif. Di dalamnya terdapat koleksi buku-buku, jurnal-jurnal ilmiah, laporan hasil-hasil penelitian baik individual maupun kolektif, alat untuk mempermudah proses pencarian judul buku dan keperluan perpustakaan lainnya.

Perpustakaan yang didukung oleh koleksi buku, jurnal, dan bentuk-bentuk publikasi lainnya, serta sistem perpustakaan lainnya merupakaan sarana untuk menciptakan budaya akademik. Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Pesantren Tebuireng telah mengupayakan hal tersebut dengan melengkapi buku-buku referensi, jurnal-jurnal dan bentuk-bentuk publikasi ilmiah lainnya.

c.  Ruang Seminar

Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Pesantren Tebuireng telah menyediakan ruangan untuk seminar atau diskusi di Gedung KH. Yusuf Hasyim. Ruang seminar ini dipakai apabila ada kegiatan diskusi atau seminar, kuliah tamu dll..

d.  Hot Spot Area

Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Pesantren Tebuireng telah menyediakan fasilitas ruang Internet yang dapat digunakan untuk mengakses informasi  dari dalam dan luar negeri untuk seluruh mahasiswa. Hal ini dimaksudkan agar semua informasi terbaru, khususnya dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan dapat dengan mudah diakses lewat internet tersebut.

e.  Media Pendidikan

Media Pendidikan yang dimiliki Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Pesantren Tebuireng dalam proses belajar mengajar meliputi LCD Proyektor yang bias dipakai di Ruang kuliah, papan tulis (Whiteboard), ruang diskusi dan internet hot spot area.

2.  Ketersediaan Infrastruktur

a.  Jumlah bangunan

Ma’had Aly Hasyim Asy’ari didukung oleh ketersediaan gedung yang cukup representatif, yaitu gedung berlantai tiga yang terdiri dari ruang perkantoran, ruang kuliah,  ruang perpustakaan, ruang aula, ruang BEM dan lain sebagainya.

b. Fasilitas pelayanan kesehatan di Puskestren Tebuireng dan fasilitas olah raga untuk mahasiswa.

Pelayanan kesehatan tersebut diperuntukkan bagi dosen dan mahasiswa Ma’had Aly hasyim Asy’ari, santri Pesantren Tebuireng dan masyarakat umum. Puskestren tersebut berada di lingkungan Pesantren Tebuireng.

c.  Fasilitas Asrama Mahasiswa

Sebagian besar mahasiswa Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Pesantren Tebuireng berasal dari dalam dan luar kota Jombang. Hal ini mendorong Ma’had Aly Hasyim Asy’ari menyediakan fasilitas asrama mahasiswa yang memadai dan mendukung lingkungan belajar didalam lingkungan pesantren.

Adapun bagai mahasiswi disediakan asrama yang ditempatkan di Pesantren Salafiyah Syafi’iyyah Seblak yang lokasinya berdekatan dengan Pesantren Tebuireng.

Mifta/MA

%d blogger menyukai ini: