Dasar, Visi dan Misi

Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari Strata 1 didirikan dan diresmikan oleh pengasuh Pesantren Tebuireng, (Almaghfurlah) KH. Muhammad Yusuf Hasyim dan Dr. Hc. KH. Ir. Salahuddin Wahid pada tanggal 6 September 2006 yang bertepatan dengan tanggal 12 Sya’ban 1427 H.

Sejalan dengan pendirian tersebut Ma’had ’Aly Hasyim Asy’ari berusaha membangun paradigma baru dengan mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan agama maupun pengetahuan umum secara bersama sebagai kesatuan yang terpadu, dengan menempatkan al-Qur’an dan al-Hadits sebagai sumber pengembangan keilmuwan. Atas dasar paradigma baru tersebut, maka ilmu-ilmu yang dikembangkan di Ma’had ’Aly Hasyim Asy’ari adalah ilmu yang mampu membentuk pribadi mahasiswa dengan kualifikasi kelulusan sebagai ulama yang tafaqquh fi al-diin, dengan berbekal empat pilar utama yaitu: kemantapan aqidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlaq mahasiswa, keluasan ilmu pengetahuan dan kematangan profesional.

VISI DAN MISI

  1. VISI :

Unggul dalam mengusai tradisi ulama salaf as-saleh baik di bidang ilmiah maupun amaliyah sertalahirnya generasi penerus Islam yang khairu ummah, tafaqquh fi ad-diin

  1. MISI :
  • Menyelenggarakan studi agama secara mendalam  menyeluruh melalui sistem perpaduan pendidikan pondok pesantren dan perguruan tinggi.
  • Mempersiapkan kaderisasi ahli fiqih yang dapat mewarisi dan mengembangkan tradisi ilmiah dan amaliah sesuai tuntutan zaman.

Mifta/MA

%d blogger menyukai ini: